Hari Ini Presiden Jokowi Tinjau Jalan Rusak di Lampung Lho, Gurbernur Lampung Ketar Ketir

Hari ini, 5 Mei 2023, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Provinsi Lampung untuk meninjau kondisi jalan rusak yang menjadi keluhan warga setempat. Kedatangan Presiden Jokowi ini menegaskan komitmennya untuk mempercepat perbaikan infrastruktur di seluruh Indonesia, termasuk di daerah yang kurang tersentuh pembangunan.

jowoki tinjau jalan rusak di lampung
Rombongan mobil Presiden Joko Widodo atau Jokowi melintasi jalanan rusak saat kunjungan kerja di Jalan Terusan Ryacudu, Lampung Selatan, Lampung, Jumat, 5 Mei 2023. Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Jokowi tiba di Bandara Radin Inten II, Lampung, pada pagi hari dan langsung disambut oleh Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, serta jajaran pejabat terkait. Selanjutnya, Presiden Jokowi dan rombongan bergerak menuju lokasi jalan rusak yang akan ditinjau, yakni di Kabupaten Pringsewu.

Di Kabupaten Pringsewu, Presiden Jokowi meninjau langsung kondisi jalan rusak yang meliputi beberapa titik, termasuk di Kecamatan Sukoharjo dan Kecamatan Pagelaran. Jalan-jalan ini merupakan akses penting bagi warga setempat, terutama untuk mendukung mobilitas dan perekonomian daerah. Namun, kondisi jalan yang rusak telah menghambat kelancaran transportasi dan mengakibatkan kerugian bagi masyarakat.

Presiden Jokowi mengungkapkan keprihatinannya atas kondisi jalan rusak di Lampung. “Saya melihat sendiri kondisi jalan yang rusak di beberapa titik di Lampung ini. Ini harus segera ditangani agar mobilitas warga dapat kembali lancar dan perekonomian daerah bisa tumbuh,” ujar Jokowi.

Dalam kunjungannya, Presiden Jokowi juga meminta kepada Gubernur Lampung, Bupati Pringsewu, dan jajaran terkait untuk segera mengupayakan perbaikan jalan tersebut. Presiden menegaskan pentingnya koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah dalam percepatan pembangunan infrastruktur.

Tak hanya itu, Jokowi juga menjanjikan alokasi dana yang cukup untuk perbaikan infrastruktur di Lampung. “Pemerintah pusat akan mengalokasikan dana yang cukup untuk perbaikan jalan-jalan rusak di Lampung. Saya harap, infrastruktur yang baik akan mendukung pertumbuhan ekonomi di daerah ini,” tambah Jokowi.

Kunjungan Presiden Jokowi ke Lampung ini diharapkan dapat segera membawa perubahan positif dan percepatan pembangunan infrastruktur di daerah tersebut. Dengan perbaikan jalan yang rusak, diharapkan mobilitas warga menjadi lebih lancar, sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Lampung.

Kata Warga Lampung Kepada Presiden Jokowi

Mei, seorang warga sekitar menyebut jalan tersebut sangat parah dan hancur. Walhasil, perkembangan ekonomi daerah tersebut terhambat. “Kalau jalan seperti ini gimana mau maju?” ujarnya dalam video wawancara yang diunggah di akun youtube Sekretariat Presiden, Jumat, 5 Mei 2023.

Yati, warga lainnya, mengaku melintasi jalan tersebut untuk mengantar dan menjemput anaknya sekolah. Dengan kondisi jalan yang jalan rusak dan penuh lumpur, Yati mengaku tidak bisa melintas dengan cepat. 

“Jalannya parah bener, banyak bener kubangan-kubangan kayak gini,” kata Yati, seorang ibu pengendara motor, 

Yati pun menyatakan kondisi tersebut semakin diperparah jika hujan turun. Dia bahkan menyatakan merasa ingin menangis bila melintas ketika hujan di jalan rusak tersebut.

Jokowi Menjajal Jalan Lampung yang Viral

Presiden Jokowi mengunjungi Provinsi Lampung hari ini untuk membuktikan kerusakan jalan di sana yang sempat viral di sosial media. Dia ditemani oleh dua menteri yang berasal dari provinsi tersebut, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan Menteri BUMN Erick Thohir. Selain itu, ikut pula Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono.

Presiden sempat mengunjungi Tradisional di Kecamatan Natar, Lampung Selatan, sebelum menjajal jalanan rusak di sana.  Di hadapan Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, Jokowi berjanji pemerintah pusat akan membantu perbaikan jalan rusak di Provinsi Lampung.  

Deputi Protokol Pers dan Media Bey Machmudin membantah anggapan bahwa mobil yang ditumpangi Presiden Joko Widodo atau Jokowi tersangkut di lubang saat melewati Jalan Terusan Ryacudu di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, hari ini, Jumat, 5 Mei 2023. Presiden mengunjungi Lampung untuk membuktikan kabar viral soal buruknya infrastruktur jalan di sana.

“Tidak nyangkut sama sekali, itu karena berlubang jadi pelan-pelan,” kata Deputi Protokol Pers dan Media Bey Machmudin dalam keterangan kepada wartawan.

Bey juga memastikan Jokowi tidak akan meninjau jalan yang rusak menggunakan helikopter.

“Hanya menggunakan mobil, tidak menggunakan helikopter dan tidak juga menggunakan sepeda motor,” kata Bey.

Sebelumnya, di media sosial beredar video berdurasi 30 detik yang menunjukkan mobil presiden dan rombongan berhenti ketika menjajal jalan tersebut. Beberapa warga pun meneriaki Jokowi dan sebagian menyebut mobil presiden tersangkut lubang.

This post is also available in: Indonesia

Artikel Menarik Lainnya