3 Cara Pasang Iklan di Google Terbaik

Google Adsense merupakan layanan yang sangat bagus dan membantu untuk para pebisnis untuk mempromosikan  jasa atau produk yang dijual.

Ada begitu banyak keuntungan menggunakan layanan ini karena potensi untuk menghasilkan profit pun lebih besar.

Google Ads, sebuah platform iklan online yang powerful yang memungkinkan pengiklan menampilkan iklan mereka di berbagai lokasi di seluruh internet, termasuk Google Penelusuran, Maps, Google Play, dan platform lainnya.

Tak hanya itu, manfaat dari menggunakan Google Ads sangatlah besar dalam memaksimalkan promosi bisnis Anda.

Jika ingin tahu lebih banyak seperti apa cara pasang iklan di Google lewat hp maupun perangkat lain untuk pemula.

Cara Pasang Iklan di Google

Apa yang Perlu Disiapkan Sebelum Cara Pasang Iklan di Google?

Jika belum pernah memasang iklan di Google, mungkin Anda perlu mengetahui beberapa hal di bawah:

  1. Ketahui Lebih Banyak Mengenai Iklan Anda
    Sebelum Anda memulai proses pemasangan iklan, Anda harus memiliki pemahaman yang jelas tentang tujuan promosi Anda. Tujuan ini dapat dibagi menjadi beberapa tahap, yaitu dimana Anda ingin memperkenalkan bisnis Anda kepada pelanggan potensial dan membuat mereka mengenal serta mempelajari lebih lanjut tentang brand Anda. Selanjutnya berkaitan dengan membuat pelanggan potensial tertarik untuk melakukan riset lebih lanjut tentang produk atau layanan yang Anda tawarkan. Pikirkan bahwa Anda ingin meyakinkan pelanggan potensial bahwa produk atau layanan Anda adalah pilihan yang tepat bagi mereka. Lakukan langkah konkret di mana pelanggan potensial melakukan transaksi pembelian atau penggunaan jasa Anda. Setelah pelanggan melakukan pembelian pertama, Anda ingin memastikan bahwa mereka kembali untuk melakukan pembelian berikutnya dan seterusnya.
  2. Persiapkan Bisnis Anda
    Sebelum Anda memulai proses pemasangan iklan di Google, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan nama bisnis Anda. Pastikan nama toko Anda mencerminkan identitas bisnis yang kuat, karena saat mendaftar di Google Adwords, Anda akan diminta untuk mengisi identitas bisnis Anda.
  3. Riset Keyword yang Mendalam
    Langkah selanjutnya adalah melakukan riset kata kunci yang relevan dengan tujuan promosi Anda kedepannya. Riset ini harus dilakukan dengan mendalam untuk memastikan bahwa kata kunci yang Anda pilih sangat relevan dan memungkinkan iklan Anda ditemukan oleh target audiens yang sesuai dengan mendalam.
  4. Miliki Website yang Memadai
    Penting untuk diingat bahwa untuk memasang iklan di Google, Anda harus memiliki website yang cukup memadai. Hal ini karena iklan Google Ads akan terhubung langsung ke situs Anda dan mengarahkan audiens ke situs tersebut. Untuk pemula, WordPress Hosting adalah pilihan yang tepat karena memungkinkan fokus pada pengembangan bisnis melalui CMS WordPress dengan kemudahan pengaturan. Sementara itu, Unlimited Hosting cocok untuk mereka yang membutuhkan kemudahan dan sederhana pada website Anda.

 

Cara Pasang Iklan di Google Mudah

Memasang iklan jasa di Google ataupun untuk keperluan promosi produk terkadang cukup membingungkan. Oleh karena itu, kami akan memberikan langkah-langkah berikut:

Pertama, Anda bisa buka halaman Google Ads.

Setelah itu, klik pada opsi Get Started dalam memulai proses pemasangan iklan.

Anda juga perlu untuk menentukan tujuan dari kampanye iklan Anda sejak awal.

Beberapa tujuan yang dapat dipilih di Google Adwords meliputi ,eningkatkan penjualan di toko online, aplikasi, atau melalui telepon (Sales).

Selain itu, bisa juga memilih untuk tujuan mendorong pelanggan yang relevan untuk melakukan tindakan tertentu, seperti memberikan informasi kontak mereka atau menarik audiens untuk mengunjungi website Anda (Website Traffic).

Anda harus memilih tipe kampanye yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilih juga lokasi penayangan iklan, baik itu di Search Network atau Display Network.

Isi pengaturan kampanye Anda, termasuk menentukan target audiens yang ingin Anda inginkan dan menetapkan budget iklan yang sesuai.

Pilihlah kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda dan masukkan ke dalam kampanye iklan Anda. Coba gunakan fitur Get Keyword Suggestion untuk mendapatkan rekomendasi kata kunci yang sesuai.

Saatnya untuk menciptakan tampilan iklan yang menarik dan memikat audiens potensial Anda. Pastikan untuk memperhatikan pesan dan visual yang ingin disampaikan dalam iklan Anda.

Konfirmasi pembayaran dan melengkapi berbagai informasi pembayaran yang diperlukan.

Pilihlah tipe pembayaran dan metode pembayaran yang sesuai dengan keinginan Anda.

Pastikan semua tahap sudah diselesaikan dengan baik. Anda akan mendapatkan keterangan mengenai iklan Google Ads Anda.

 

Kenapa Iklan Di Google Ads Tidak Tayang?

Ada saja masalah pada iklan yang diterapkan ada Google sehingga membuatnya tidak tayang sebagaimana mestinya. Berikut beberapa kemungkinan penyebabnya:

  1. Anggaran Harian Habis
    Salah satu alasan mengapa iklan Anda mungkin tidak muncul di Google Ads adalah anggaran harian yang telah habis.Ini terjadi terutama jika Anda telah menetapkan pengaturan kampanye Anda untuk menghabiskan anggaran secara maksimal setiap hari.

    Ketika anggaran harian telah tercapai, maka iklan Anda tidak akan ditayangkan hingga anggaran harian tersebut diperbarui atau diatur ulang.

  2. Lokasi
    Faktor lain yang mungkin menyebabkan iklan Anda tidak muncul adalah lokasi. Google Ads memungkinkan Anda untuk menargetkan iklan Anda ke lokasi tertentu, seperti kota atau bahkan negara tertentu.Jika Anda tidak mengatur target lokasi dengan benar atau jika target lokasi Anda tidak sesuai dengan lokasi Anda saat ini dapat membuat iklan Anda mungkin tidak ditampilkan kepada orang yang Anda inginkan.

    Jadi, perhatikan hal ini betul-betul supaya meminimalisir kesalahan yang terjadi dan membuat iklan tidak tayang.

  3. Kadaluwarsa
    Detail penagihan yang kedaluwarsa adalah masalah umum lainnya yang dapat menyebabkan iklan Anda berhenti ditampilkan.Jika metode pembayaran Anda kadaluwarsa atau jika ada masalah dengan rincian penagihan Anda, Google Ads dapat memutuskan untuk menghentikan penayangan iklan Anda.
  4. Dijeda
    Ketika kampanye iklan Anda dijeda atau dihentikan sementara oleh tim Anda atau oleh Google Ads, iklan Anda juga akan berhenti ditampilkan.Kemungkinan terdapat perubahan strategi pemasaran atau masalah teknis yang perlu diperbaiki.
  5. IP Diblokir
    Saat menggunakan Google Ads, penting untuk memperhatikan apakah alamat IP Anda atau tim Anda telah diblokir oleh Google.Mungkin ada pelanggaran kebijakan iklan atau jika Google mendeteksi aktivitas yang mencurigakan dari alamat IP Anda.
  6. Kata Kunci Negatif
    Bisa jadi kata kunci yang berartian negatif membuat ada pencegahan iklan Anda muncul di hasil pencarian tertentu.Apabila Anda mengatur kata kunci negatif yang terlalu luas atau terlalu banyak, ini dapat menghalangi iklan Anda dari ditampilkan kepada audiens yang relevan.
  7. Kesalahan Jadwal Jam Tayang Iklan
    Penjadwalan iklan yang buruk atau tidak efisien dapat menjadi penyebab lain mengapa iklan Anda tidak muncul.
    Ketika pengguna mengatur waktu iklan dengan tidak tepat atau jika ada kesalahan dalam penjadwalan bisa saja membuat iklan tidak muncul.

Mungkin proses cara pasang iklan di Google cukup menyulitkan dan sedikit kompleks bagi pemula. Jika tidak ingin ribet, Anda bisa gunakan layanan Jasa Google Ads Terbaik Meta Sanjaya untuk mempromosikan bisnis Anda dengan baik.

This post is also available in: Indonesia

Artikel Menarik Lainnya